Perbedaan Helm Safety Berdasarkan Kelas Helm

| |

 

 

Distributor Stickcone Jakarta  – Selain dipisahkan menurut tipenya, ANSI dan ISEA pun membagi helm ke dalam tiga kelas. Pembagian ini pun menyesuaikan dengan aturan yang diciptakan oleh CSA (Canadian Standard Association) dengan nomor Z94.1-2015. Ada tiga ruang belajar helm yang dipecah menurut kemampuannya mengayomi pekerja terhadap risiko bahaya listrik yaitu Kelas G, E, dan C.

1. Kelas G (General)
Helm ruang belajar G atau ruang belajar General seringkali paling umum dipakai untuk seluruh pekerjaan. Kemampuan helm ruang belajar G ini melulu dapat mengayomi pekerja dari risiko listrik yang mempunyai tegangan sampai 2.200 volt. Karena tidak terlampau tinggi, helm ini menjadi tidak sedikit digunakan dan sesuai untuk segala bidang pekerjaan.

Dengan kemampuannya yang kecil tersebut, helm ini tidak dianjurkan untuk digunakan untuk para pekerja yang langsung sehubungan dengan listrik tegangan tinggi. Pekerjaan-pekerjaan yang tidak terlampau berat sesuai menggunakan helm ini. Bagi pekerja-pekerja yang dalam pekerjaannya langsung bersangkutan dengan listrik tegangan tinggi, dianjurkan untuk memakai Helm ruang belajar E.

2. Kelas E (Electrical)
Apabila pekerjaannya menuntut guna bersinggungan dengan listrik yang tegangannya lebih banyak dari 2.200 Volt, sangat dianjurkan untuk memakai helm Kelas E. Helm ruang belajar E atau ruang belajar Electrical ini dapat melindungi sampai listrik bertegangan 20.000 volt. Bahan khusus telah ditambahkan ke dalam Helm ruang belajar E supaya mampu mengayomi kepala dari sengatan listrik bertegangan tinggi.

Helm ruang belajar E pun mempunyai rancangan eksklusif yang sangat sesuai untuk mengayomi para pekerja dari risiko tersengat listrik bertegangan tinggi. Namun, yang butuh diingat, baik helm Kelas E maupun ruang belajar G melulu mampu mengayomi kepala pekerja. Untuk mengayomi badan, usahakan masih tetap memakai pakaian eksklusif yang tahan terhadap risiko tersengat listrik.

3. Kelas C (Conductive)
Berbeda dengan dua ruang belajar sebelumnya, helm ruang belajar C ini paling tidak sesuai digunakan oleh pekerja yang sehubungan dengan kelistrikan. Helm ruang belajar C atau ruang belajar Conductive ini tidak didesain untuk mengayomi kepala pekerja dari risiko sengatan listrik. Pada helm ruang belajar C, ada ventilasi tambahan memakai bahan-bahan yang dapat menghantarkan listrik.

Helm ruang belajar C seringkali ditambahkan alumunium pada unsur ventilasinya. Seperti yang diketahui, alumunium ialah material yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Oleh sebab itu, helm Kelas C tidak dapat melindungi kepala pekerja dari risiko sengatan listrik. Pekerjaan yang terdapat kaitannya dengan listrik sangat disarankan untuk tidak memakai helm ini.

 

 

Previous

Jasa SEO Backlink PBN Murah Di Ende

Harga All New Vellfire Terbaru Indonesia Di Cikedung

Next

Leave a Comment